Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan yang tergabung dalam kelompok 12 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) menfasilitasi Pemerintah Desa menyusun Peraturan Desa (Perdes) Pengelolaan Sampah di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Penanggungjawab Kegiatan Mudrika menyampaikan, ada dua langkah dalam memperkuat kepedulian masyarakat pesisir terhadap sampah.

“Bersama warga kami kerja bakti rutin pada minggu ke-2 setiap jumat. Lalu menyusun draf perdes pengelolaan sampah,” imbuhnya kepada bramanews.com Rabu (02/03/2022).

Ia juga menjelaskan, draf Perdes memuat tentang pengelolaan sampah secara berkelanjutan. Sehingga mengatur pengelolaan sampah yang baik dan benar serta berdampak positif bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan desa.

“Penyelenggaraan pengelolaan sampah ini dengan membentuk KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat). Draf perdes ini diserah terima oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kalirejo dan diketahui pihak Kecamatan Kraton,” tuturnya.

Untuk itu, Ketua Rukun Warga (RW) di Dusun Kisik Mas’ud, berharap draf Perdes itu bisa disahkan. Mengingat di daerah pesisir seperti Desa Kalirejo terdapat problem terkait pengelolaan sampah.

“Itu adalah solusi terbaik untuk mengimplemetasikan wacana yang sudah sering dibicarakan hingga dewasa kini,” pungkas Pegiat Lingkungan itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Kalirejo Zainul Arifin, berkomitmen untuk tidak menomorduakan upaya pengelolaan sampah.

Sumber : Bramanews

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.