| | | |

Jadwal Imsakiyah Kota dan Kabupaten Pasuruan Bulan Ramadhan 1443 H 2022 M

Ibadah puasa bertepatan dengan Minggu 3 April 2022. Umat Islam di Kota Pasuruan dapat mengacu jadwal imsakiyah hari ini yang dirangkum dari Kemenag RI. Dengan mengetahui waktu salat dapat mengantar kesempurnaan ibadah umat muslim di Kota Pasuruan sepanjang Ramadan. Selama bulan Ramadhan, jadwal imsak dan jadwal buka puasa penting diketahui umat Islam. Dengan mengetahui jadwal imsak dan buka puasa, setiap muslim dapat segera memulai berpuasa dan mengakhiri puasa dengan tepat waktu.

Niat Puasa Ramadhan

Sedangkan bacaan doa niat puasa Ramadhan dan artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin ‘an adaai fardi syahri ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu pada bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Ceramah Singkat Ramadhan

Bagi umat muslim di Kota Pasuruan sepanjang bulan puasa Ramadhan 2022 bisa memperdalam keislaman. Berikut adalah ceramah singkat Ramadhan tentang Kisah Keteladanan Nabi Adam As: Mengakui Kesalahan dan Bertobat.

Selama sebulan penuh dalam Ramadan, umat Islam punya banyak kesempatan untuk memperbaiki diri. Jika pada hari-hari biasa kontrol terhadap pemuasan hasrat terkesan rendah, puasa akan menjadi saran untuk berlatih tidak tunduk pada dunia. Banyaknya amalan Ramadan yang dapat dilakukan, misalnya qiyam Ramadan atau salat tarawih (malam). Menambah zikir, bertobat atas kesalahan yang telah lampau, merenungi hakikat hidup pada sepertiga akhir malam juga bisa jadi pilihan.

Ada berbagai kisah inspiratif terkait pertobatan, termasuk kala Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke dunia. Setelah memakan buah khuldi, Adam dan Hawa tidak menyalahkan pihak lain. Mereka memilih untuk mengakui salah dan memohon ampunan Tuhan.

Doa Nabi Adam ini tercantum dalam Surah al-A’raf: 23, “Robbana dholamna anfusana wailam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khosirin” atau “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dan memberi rahmat, niscaya kami termasuk orang merugi”.

Takjil Buka Puasa Ramadhan khas Kota Pasuruan Salah satu yang istimewa dalam berpuasa adalah menanti saat berbuka. Rasulullah saw. bersabda, “orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan, kegembiraan saat berbuka dan kegembiraan saat bertemu Rabbnya”. Untuk berbuka puasa, terdapat berbagai menu takjil yang dapat disantap. Takjil dapat berupa makanan ringan hingga makanan berat. Setelah seharian menahan lapar dan haus, variasi menu takjil setiap hari, akan membuat suasana berbuka lebih spesial. Berikut adalah kuliner khas Kota Pasuruan: Soto Banjar, Nasi Itik Gambut, Ikan Seluang Goreng, Kue Apam Banjar, Kue Bingka Banjar

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.